Thursday 25 January 2007

Warta Minggu


SEIRING dengan kemajuan zaman dan perkembangan telekomunikasi, Warta Minggu (WM) tak ketinggalan. Sejak tahun 1999, komunikasi internal WM dilakukan lewat email atau surat elektronik. Padahal embrio WM hanyalah sekadar stensilan sederhana yang dikerjakan oleh sekretaris paroki, almarhum Ben Samsudi. Isinya pun hanya laporan keuangan Panitia Pembangunan Gereja.

Pada tahun 1977, diadakan dialog dengan Rm. Hutten O.Carm. Hasilnya, stensilan itu resmi dinamai “Warta Minggu”. Isinya bukan lagi laporan PPG, tetapi juga informasi-informasi lain.

Setahun kemudian, format WM kembali diperbaiki. Bentuknya adalah selembar kertas HVS yang dilipat dua. Waktu itu, umat merasa kotbah mingguan pastor kurang mengena, sehingga dimuatlah renungan dari kaum awam di WM. Pekerja WM pun bertambah, yakni (alm) Santoso yang membuat gambar-gambar dan iklan, Gunawan yang membantu pengetikan, dan Shienta D Aswin yang memperkaya isi WM dengan berbagai ide. [Sumber: WM, edisi Paskah 2000]


Apakah Warta Minggu itu?
Warta Minggu adalah media komunikasi Paroki Tomang yang terbit mingguan. Warta Minggu dicetak sebanyak 4.000 eksemplar dan bisa diperoleh umat secara gratis setiap usai mengikuti misa.

Apa saja isi Warta Minggu?
Dengan membaca Warta Minggu, kita bisa mengetahui berbagai informasi mengenai jadwal dan aneka kegiatan umat Paroki Tomang. Selain itu, Warta Minggu juga menyuguhkan beragam artikel, seperti renungan mingguan, artikel seputar orang muda, anak-anak, keluarga, lansia, Kitab Suci, konsultasi iman, komunitas, ajaran sosial Gereja, kisah orang kudus, dan sebagainya.

Siapa saja yang boleh menulis di Warta Minggu?
Seluruh umat Paroki Tomang

Mengapa umat perlu mengirimkan tulisan ke Warta Minggu?
Memanfaatkan Warta Minggu sebagai sarana publikasi kegiatan atau penyampai ide/gagasan/sambung rasa kita, berarti melakukan komunikasi dengan orang lain di dalam satu paroki. Dengan menjalin komunikasi yang baik, kita akan dapat saling mengetahui, mengerti, dan memahami serta menerima sebagai saudara. Harapannya, kita mampu menjadi satu komunitas yang tangguh.

Bagaimana cara membuat tulisan untuk Warta Minggu?
Jika Anda menulis berita/liputan kegiatan, pastikan ada unsur-unsur berikut: 5 W (what, who, when, where, why) + 1 H (how). Bila hendak menuliskan artikel, sedapat mungkin ada refleksi iman di dalam tulisan itu. Agar lebih menarik, lampirkan juga foto kegiatan.

Bagaimana cara mengirimkan tulisan ke Warta Minggu?
Anda dapat mengirimkan tulisan melalui email wm_mbk@yahoo.com atau meletakkannya (diharap berupa softcopy) di Kotak Komsos/Warta Minggu di Sekretariat Paroki Tomang. Tentu saja, dengan disertai identitas pengirim yang jelas (nama, nomor telepon yang bisa dihubungi/alamat email) dan keterangan domisili (lingkungan/wilayah). Batas waktu pengiriman adalah hari Selasa pagi setiap minggunya.

Apakah tulisan itu pasti dimuat?
Warta Minggu adalah media komunitas paroki. Sedapat mungkin, semua artikel tentang kegiatan paroki akan dimuat. Jika terdapat beberapa pertimbangan sehingga artikel itu tidak dapat dipublikasikan, tim redaksi akan mengkomunikasikannya dengan pengirim tulisan.

Mengapa Warta Minggu menerima iklan? Untuk apa uangnya?
Produksi media komunikasi membutuhkan biaya. Demikian juga Warta Minggu. Dana yang diserap dari iklan digunakan untuk membiayai operasional penerbitan Warta Minggu. Sebagian untuk membiayai operasional kegiatan Komsos Tomang.


SUSUNAN REDAKSI WARTA MINGGU
Moderator : Rm. Eko Adilanto, O.Carm
Pemimpin Redaksi : GN. Aswin
Sekretaris Redaksi : Anton Sardjo
Redaktur Pelaksana: PN. Prasetyo Hartono
Staf Redaksi : Sigit Kurniawan, T. Samaria, Paul Heru, Lanovia, Wenny, Robby
Kontributor : Erni, Michael S, Judith, Airin, Katrin, Bernardi, Shienta, John, Andri (foto)
Iklan : Anton Sardjo, Ellen K
Kontak Redaksi : Tlp/Fax. (021) 5301672; email: wm_mbk@yahoo.com
Pengiriman Artikel
Pengiriman artikel harap disertai dengan identitas lengkap (nama terang, lingkungan). Artikel akan diolah melalui proses pengeditan.
Pemasangan Iklan
Warta Minggu menerima pemasangan iklan umum maupun keluarga. Tarif iklan keluarga: 1/4 halaman Rp125 ribu; 1/2 halaman Rp250 ribu. Tarif iklan umum: 1/4 halaman Rp150 ribu; 1/2 halaman Rp300 ribu.
Informasi Lebih Lanjut:
Hubungi Sekretaris Redaksi Warta Minggu:
Anton Sardjo
di pesawat 0812 999 1382

No comments: